Yuk cari E-card Lebaran



Lebaran dan ucapan maaf, itu emang sudah jadi tradisi. Nah, Youngsters sendiri selama ini menggunakan apa nih untuk menyampaikan maaf? Apalagi buat Youngsters yang punya teman atau saudara jauh, kayaknya agak susah kan kalau kita menyampaikan maaf secara langsung.

Kalau biasanya Youngsters biasa menggunakan kartu lebaran atau via sms, kayaknya sekarang bisa lho mencoba cara yang satu ini, yaitu dengan kartu elektronik lebaran. Lebih keren, lebih gaul, dan lebih canggih lagi!

Sebetulnya cara ini udah agak lama lho dipakai oleh orang-orang. Tapi, nggak ada kata terlambat juga kok kalau emang baru sekarang mencoba memakai cara yang satu ini. Daripada kena julukan gaptek!

Cara ini juga lebih kreatif. Youngsters bisa mengirimkan kartu lebaran elektronik yang nggak hanya sekedar kartu. Iya, kalau biasanya kartu lebaran yang kita kenal itu cuma selembar kertas dilipat dua, dengan sampul penuh kreasi kata, gambar, atau kaligrafi, kartu lebaran elektronik ini beda.

Youngsters bisa mengirimkan berbagai bentuk kartu yang nggak hanya berupa gambar atau tulisan dalam satu tampilan saja. Ada lho kartu lebaran elektronik yang menampilkan tampilan berbentuk slide yang bisa berubah-ubah. Bahkan, adapula yang dilengkapi dengan musik. Nah, jadinya kerasa beda banget kan… (ika)

Bisa Browsing Lewat Internet

Kalau Youngsters ingin mengirimkan kartu lebaran elektronik ke orang lain, Youngsters bisa pakai cara yang mudah yaitu dengan mengambil dari berbagai situs yang emang menyediakan kartu lebaran elektronik.

Caranya, searching saja lewat Yahoo atau Google dengan memasukkan kata kuncinya ‘e-card idul fitri’ atau ‘e-card ramadhan’. Nantinya, Youngsters akan ditampilkan berbagai situs yang menyediakan kartu lebaran elektronik. Rata-rata, gratis lho!

Ini dia beberapa situs yang menampilkan berbagai kartu lebaran elektronik. Selain membrowsing via Yahoo atau Google, Youngsters juga bisa kok mencoba mengklik situs-situs berikut ini.

- http://www.e-cards.com/area/ramadan/

Di situs ini, Youngsters bisa mengklik lebih dulu ramadhan e-card. Terus, nantinya Youngsters akan menemukan berbagai bentuk e-card yang bisa dipilih. Klik aja salah satunya. Di halaman berikutnya, Youngsters bisa mulai membuat kreasi sendiri nih. Mulai dari musik yang bisa dipilih, kata-kata kop suratnya, warna kartu, perangko, sampai bentuk background.

- www.indocenter.co.id.

Kalau Youngsters sudah terhubung dengan situs ini. Klik icon ‘e-card’, terus ikon idul fitri. Youngsters pun nantinya akan dihubungkan dengan halaman yang menampilkan model kartu lebaran yang ada. Sebelum dikirim, kita bisa melihat lebih dahulu bentuk kartu Lebaran beserta ucapan yang ditulis. Ini untuk menghindari kesalahan ucapan atau tulisan kata-kata yang nggak pas. Kalau Youngsters merasa nggak puas, tinggal klik saja kok untuk mengedit kata-kata tersebut.

- http://www.123greetings.com/religion/islam/

Situs ini memungkinkan kita untuk mendesain kartu lebaran elektronik yang akan kita kirim. Kita bisa milih background, warna, ukuran, dan model huruf tulisan dari pesan yang akan kita kirim. Namun, situs ini mengharuskan kita punya program flash dulu di komputer kita kalau kita ingin mendownload kartu lebaran elektronik dari situs ini. (ika)

Ada Kode Etiknya Juga Lho

Meskipun cara penyampaian ucapan lebaran dan maaf ini menggunaan kecanggihan teknologi, tapi Youngsters juga kudu tahu lho tata kramanya. Hah, emang ada? Jangan salah lho, cara ini juga bisa dibilang nggak sopan kalau Youngsters keliru menggunakannya. Jangan sampai, maunya minta maaf, eh jadinya malah bikin orang gondok.

Ini dia beberapa aturannya… Yang pertama, jangan pakai attached apalagi dengan ukuran file yang besar. Kasihan banget lho kalau sampai penerima kartu jadi harus menunggu lama untuk mendownload ucapan selamat lebaran dan maaf dari kita. Apalagi kalau si penerima kartu ini pakai warnet yang hitungannya per waktu. Kasihan kan kalau dianya jadi kehabisan waktu hanya gara-gara membuka kartu lebaran elektronik dari kita.

Jadinya, simpan saja berkas kartu ucapan elektronik itu dalam server web. Sehingga dalam email yang kita kirim, cukup dicantumkan alamat URL dari kartu elektronik yang mau kita berikan.

Terus kalau Youngsters ingin menyampaikan lewat email untuk beberapa teman atau saudara, lebih baik jangan ditampilin semua dong alamat email yang akan dituju dalam kolom ‘To:’

Kenapa, karena kesannya nggak enak banget lho dilihatnya. Selain itu ternyata, cara ini juga memungkinkan mengekspos alamat email potensial dimangsa pengumpul alamat email dari program spam atau virus dan worm. Dan lagi-lagi, bukannya minta maaf malahan kita bisa bikin dosa baru tuh.

Jadi, pakai saja fasilitas Bcc alias blind carbon copy yang ada pada email kita. Jadinya, tidak semua penerima bisa membaca, kartu lebaran ini juga terkirim untuk siapa saja. Kesannya pun jadi lebih ekskklusif. Nggak seru kan, kalau orang yang kita kirim ternyata berpikir, yah, ternyata dia juga ngirim kartu lebaran yang sama ke orang lain!

Kalau Youngsters punya weblog, itu lebih bagusan lagi tuh. Karena kita cukup menampilkan kartu ucapan elektronik kita dan bisa dibaca oleh siapapun yang mengunjungi weblog kita. Terutama buat teman-teman yang emang udah ngelink sama weblog kita. (ika)

1 comments:

Anonim mengatakan...

selamat id fitri

Poskan Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com