Mudik, Perhatikan Keamanan Rumah

Jelang Lebaran, pencurian semakin marak. Padahal kepolisian sudah mengantisipasi dengan meningkatkan kesiagaannya di sejumlah tempat rawan. Namun, dorongan ekonomi yang cukup besar membuat pelaku nekat untuk melakukan apa saja.

Mereka tidak segan-segan untuk memanfaatkan sejumlah peluang. Sepertinya para pemilik kendaraan mesti lebih waspada, kalau tidak mau menjadi korban pencurian.

Karena itu bagi Anda yang ingin mudik ada baiknya tetap memperhatikan keamanan rumah dan lingkungan. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda:
1. Persiapkan dari awal apa aja yang mau di bawa pulang atau mudik. Biar nanti tidak tergesa-gesa. Bawa saja barang yang sekiranya itu penting dan berguna.

2. Cabut kabel listrik! Ini biar enggak terjadi korslet dari peralatan elektronik kita seperti televisi, audio set, setrika dll

3. Kompor...Pastikan benar-benar mati dan cabut regulator dari tabung gasnya.

4. Nah ini yang paling penting!!! Yaitu jangan sampai kita lupa untuk memeriksa apa Rumah/kos kita udah dikunci belum pintunya??

5. Kalau sudah yakin sudah mengunci seluruh pintu rumah, jangan segan-segan menitip rumah kepada tetangga/saudara/keamanan komplek/orang yang kita percaya untuk menetap di rumah kita selama mudik.

6. Biar maling ketipu, taruh sandal-sandal di depan pintu rumah, seakan banyak orang di rumah.

7. Bilang sama agen majalah/koran jangan kirim selama mudik.

8. Nah yang tak kalah penting, titip barang berharga sama saudara atau orang dekat, seperti perhiasan dan surat-surat penting



0 comments:

Poskan Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com