Apakah sahabat sama sengan teman???



kalau di negara arab sepertinya sama,kalau di negara indo tergantung sama siapa kita bicara,sebagian orang mengatakan kalau sahabat anak orang yang dekat dengan kamu,yang mau menasehati kamu saat lalai,yang minta dinasehati disaat ia lalai,kalau teman??teman adalah orang yang dekat dengan kamu,itu saja.
emang penting adanya seorang sahabat??
ya,sangat penting dan memang saya anggap wajib hukumnya mencari sahabat.
kenapa??
dengan adanya orang yang mau menasehati kita disaat kita lalai,maka insya Allah kita termasuk orang orang yang beruntung.
lah lalu apa tugas orang tua kalau gitu??
kamu tau??siapa yang nasihatnya didengerin pertama kali??dia adalah orang yang dekat dengan kamu,ini yang terjadi dikebanyakan orang,kalau orang tua yang menasehati seakan akan dianggap seperti angin lewat,tapi kalau orang yang dekat sama kita yang nasehati,kita langsung ngga enakan kalau mau ngelakuinnya,benul ga??
trus tugas orang tua yaitu :
1. mengawasi gerak gerik anak setelah ia berpendidikan
2. mengingatkan anaknya sewaktu dia melakukan kesalahan.
3. sebelum anaknya mengenyang pendidikan didiklah ia menjadi anak yang baik
itu aja dulu,hehe soalnya saya juga belum punya anak,sebenernya tugas itu saya utamakan buat saya sendiri dulu.
nah terus caranya gimana mencari sahabat yang baik???
ini dia masalah yang paling sulit,,,,,ini hubungannya dengan pergaulan,kalau pergaulan kamu trus menerus dengan orang orang yang ngga baik,yang selalu mengajak kamu bukan kepada kebaikan sebelum kamu mempunyai pondasi yang kuat untuk mengajak mereka kepada kebaikan,so,,,,jangan salahkan siapa siapa sewaktu kamu menerima akibatnya.
trus apakah masih ada dizaman sekarang sahabat yang seperti itu??
masih banyak!!!!!!!!meskipun lebih banyakan teman yang rusak,tapi masih banyak juga sahabat yang baik.
umpanya saya udah bergaul dengan teman teman saya yang rusak,yaaaa bisa dibilang preman lah,minum² anlah,zina lah,de el el dari perbuatan perbuatan yang ngga baik,gimana caranya keluar dari mereka biar ga dimusuhi???
hehe,,,,gaul dengan orang yang jelek kalau kamu ngga ikut ikutan seperti mereka ga papa,lebih baik lagi kalau kamu bisa mengajak mereka berhenti dari berbuat yang tidak baik.
caranya???
1. kalau kamu baru ikut gabung dengan mereka
kalau kamu belum yakin bisa memperbaiki mereka mending keluar,jangan dulu berteman dengan mereka,kalau kamu uda yakin punya pondasi yang kuat,gauli mereka sampai akrab,ga usah dengerin omongan orang,memang sih pepatah mengatakan ” orang yang berjalan bersama orang yang membawa bangkai,maka semuanya bau bangkai ” kalau cuman bau doang ga usah dipermasalahin,bau yang ngga enak ga semuanya buruk.
nah trus sirami bau bangkai tadi dengan wanginya bunga kasturi,biar yang wangi bukan kamu aja,mereka juga ikut bau wangi.
2. kalau kamu udah lama gabung dengan mereka
ini juga ada kemungkinan,
a). seumpama kamu gaul dengan mereka malah tambah parah dari sebelumnya,maka sulit untuk keluar dari mereka,
trus apa masih bisa keluar??
segala sesuatu pasti ada jalan keluar,caranya kamu bilang sama mereka kalau kamu mau berubah,atau apa lah meskipun dengan cara membohongi mereka,itu demi kebaikan kamu,nah setelah kamu bisa bisa keluar dengan mereka,kan dulunya kamu akrab tuh ama mereka,gabungin lagi mereka ajak mereka kejalanmu yang sekarang,jangan malah kamu ikut jalan mereka lagi,payah kalo gitu mah.
b). selama kamu gaul dengan mereka kamu tetep aja seperti sebelum kamu gabung dengan mereka,nah ini juga ada kemungkinan :
*) sebelum gaul dengan mereka kamu dianggap anak baik
kalo seperti ini masih untung,apa lagi kamu sampai bisa memperbaiki temen temen kamu,wah bisa jadi orang baik banget lu!!!
**) sebelum kamu gaul dengan mereka kamu dianggap biasa aja,baik ngga,jelek juga ngga,
nah kalo yang ini kamu mesti cepet cepet perbaiki diri kamu dulu,kemudian berusaha memperbaiki yang lain
***) sebelum gaul dengan mereka kamu memang udah terkenal bejadnya,na’udzu billah deh kalo yang ini yah.
kalo yang ketiga ini saya cuman bisa bilang cepatlah tobat naaaak kiamat udah dekat,hehe,ini serius, ga becanda ini,kamu mesti cepet cepet tobat sebelum ajal datang!!!!!tau ngga orang mati itu kaya gimana??
wew,,ngeri!!!! saya dulu sering melihat orang sakarotul maut,macam macam gaya mereka mati,ada yang dengan tenang,ada yang ketakutan,ada yang senyum senyum,lalu kamu pilih yang mana???apa mau pilih yang meninggalnya ketakutan melihat malaikat,,,na’udzu billah.
pilihlah sahabat yang bisa membimbing kamu ke jalan yang di ridloinya,jangan salah pilih,”salah gaul,RUGI!!!!!!!“



0 comments:

Poskan Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com